Sabtu, 28 Juli 2012

Review Novel : You and I

Judul           : You and I
Pengarang   : Shadi Shadi
Penerbit      :  Bisnis2030

LEE, cowok remaja SMA di Jakarta. Memaksa untuk kembali ke tempat asal ayahnya, Lampung. Tentu saja punya alasan kuat buat artis remaja yang baru naik daun kayak dia untuk angkat kaki dari Jakarta. Keinginan Lee untuk pindah ke Lampung ditentang keras sama ayahnya, JONATHAN, yang sebenarnya pernah berselingkuh dengan RATNA, hingga melahirkan seorang anak perempuan. Jonathan takut kalo kepindahan Lee ke Lampung akan membuat Ratna masuk kembali ke  kehidupannya dan menganggu keluarganya.
Tapi Lee bersikeras. Lee ingin menemui cinta pertamanya waktu SMP..LIA.dan juga gadis kecil yang memberikannya sebuah boneka kayu di tepi sungai Way Balak, pas hari terakhirnya di Lampung sebelum dia pindah ke Jakarta.
Sesampainya di Lampung, SMA Xaves menjadi tempat Lee melanjutkan pendidikannya yang tinggal setahun lagi. Tidak sulit bagi Lee untuk bersosialisasi dengan sekolahnya yang baru karena si Lee sendiri lahir dan besar di Lampung hingga kelas 2 SMP,. Bahkan ada beberapa teman SMA barunya juga merupakan teman lamanya Lee waktu di SMP. 
Keinginannya untuk bertemu dengan Lia pupus. Dari teman2 lamanya, Lee tau kalau Lia ternyata hamil di luar nikah (klo tidak salah pas SMP kelas 3). Hati Lee kecewa sangat, karena Lia adalah salah satu alasan untuk  kembali ke Lampung meskipun kedua orangtuanya menentang keras. Tidak mau larut dalam kekecewaan, Lee pun mengalihkan tujuannya ke Lampung yaitu menemukan kembali gadis kecil pemberi boneka kayu di tepi sungai Way Balak.
Di SMA Xaves Lee bertemu dengan adik kelasnya, MONA, seorang gadis,  dengan dandanan tradisional, wajah ditutup poni, rambut dikepang dua (ala2 betty la fea gitu...). Sering mengalami kekerasan di rumah, dan pelakunya adalah ayah tiri dan ibu kandungnya sendiri (kejam). Dibesarkan dalam kekerasan, membuat Mona tumbuh menjadi gadis remaja yang kurang percaya diri. Penampilan Mona yang terkesan “aneh” membuat ENDRU, cowok yang diam-diam disukai dan menyukai Mona lebih memilih Anna, sahabatnya sendiri. Perkenalan Mona dan Lee dimulai dengan kejadian yang sedikit tidak enak. Namun hubungan yang tidak enak itu tidak berlangsung lama ketika Lee menolong Mona yang jatuh pingsan karena kekerasan yang dialami di rumahnya. Pada saat itu Lee tau, klo Mona adalah gadis kecil yang dicarinya selama ini.
Lee bahagia dan tentu juga Mona. Keduanya menjadi sahabat. Mona senang bersama Lee dan juga sering mengunjungi rumah Lee karena di rumah Lee ada banyak buku. Lee adalah cowok yang baik, Mona yang “aneh”  dibantunya sehingga menjadi gadis cantik. Endru pun kembali mengejar Mona setelah tau ternyata Mona sangat cantik dan penampilannya sudah tidak “aneh” dan kuno lagi. Mona menolak, bagi Mona, cowok seperti Endru hanya menyukai seseorang dari penampilan fisik saja. Dan diam2, Mona sendiri pun sudah mulai menyukai Lee. Lee pun begitu, dan akhirnya mereka pacaran.
Namun ternyata, hubungan mereka yang manis khas remaja diselimuti dengan rahasia masa lalu antara ayah Lee dan ibu Mona. Ayah Lee yang menentang keras kepindahan Lee, ibu Mona yang selalu bertindak kejam pada Mona, dan foto seorang gadis kecil yang ada di dompet ayah Lee ternyata seperti mata rantai yang akhirnya hanya akan melukai perasaan cinta eros antara Lee dan Mona. 

*********************************

Hmm..kayaknya gaya bahasa dan kalimatnya banyak yg perlu diperbaiki. Masih banyak yg kurang pas, dan kadang membingungkan (sory Hadi--ya..maklum..namanya juga baru pemula..ni  novel seperti klo baca sms nya si Hadi, sy musti baca berulang2). Apalagi dari awal smpe pertengahan, menurutku agak kacau. Tapi pas bagian2 terakhirnya gaya bahasanya bagus.

Ide ceritanya udah bagus. Beda sama lainnya, dan tidak jarang terjadi di kehidupan nyata terutama soal kekerasan pada anak yang dilakukan orangtua kandungnya sendiri dan hamil di luar nikah yang banyak terjadi pada remaja sekarang. Dan ini ni yang bikin ni novel waktu dibaca terasa jedag jedug. Seperti membaca novel2 remaja lainnya. Lembar2 pertama membingungkan, banyak misteri, pertengahan halaman mulai bisa ditebak klo akan berakhir bahagia dan penuh haru. Tapi ternyata, tebakan saya meleset. Dan akhirnya…saya kecewa…Kenapa tidak dibuat saja klo si Mona akhirnya bisa sekolah bareng Lee di Jakarta, daripada harus tinggal serumah dengan ibu yang galaknya minta ampun… Tapi untuk penutupan akhir cerita membuat saya membuat saya yang sebagai pembaca cukup merasa lega meskipun ada bagian yang missing . Salah satunya tidak dijelaskan bagaimana akhir hubungan Ratna dan Jonathan.
Sebelumnya saya sempat membuat preview untuk novel ini. Silakan di cek disini Preview Novel You and I

2 komentar:

bookworm mengatakan...

Oke, apakah Mona - Lee sebenarnya adalah bersaudara? Hmmm....lumayan pengen baca juga...:)

Btw, nice template, Linda...so cute!

Ermilinda mengatakan...

dibaca aja ya..ini novel karangan teman kuliah saya. klo mau beli ke ini aja http://www.bookoopedia.com/id/book/id-53-59878/bacaan-remaja/you-and-i.html
:)

Poskan Komentar